Minggu, 16 Desember 2018

RPP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII SMT 1 (الساعة /Jam)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tsuwaibatul Aslamiyah (2022116128)

Madrasah/Sekolah       : SMP Salafiyah Pekalongan
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab (Al-Kalam)
Kelas / Semester          : VIII / I (Satu)
Materi Pokok              : الساعة (Jam)
Alokasi Waktu            : 1 Pertemuan (2 x 40 Menit)

A.      Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.       Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang atau teori.
  
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam     berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
1.2.   Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan   kemampuan berbahasa Arab.
1.3.  Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab   sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman.
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan   sosial  sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk     pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa   komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khasanah keislaman.
3.1.  Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan الساعة.
3.2. Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan   dengan  الساعة.
3.3.  Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkitan     dengan الساعة.
4.1. Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik الساعة dengan memperhatikan     struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon   tentang الساعة dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan   sesuai konteks.
4.3.  Mempresentasikan berbagai informasi lisan sederhana tentang الساعة.

C.       Tujuan Pembelajaran
·       Setelah guru membacakan hiwar tentang الساعة, siswa dapat menyampaikan informasi secara lisan dengan ungkapan sederhana yang baik dan benar.
·    Setelah pembelajaran mengenai الساعة, siswa diharapkan mampu melafalkan mufradat      dengan fasih dan lancar.
·       Siswa dapat menyusun kalimat sederhana secara lisan setelah guru menyampaikan mufradat mengenai  الساعة dengan baik dan benar.

D.      Materi Pembelajaran
الْأُسْتَاذَةُ  : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
التَّلاَمِيْذُ   : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْأُسْتَاذَةُ  : كَيْفَ حَالُكُمْ فِي هذَا الصَّبَاحِ، أَيُّهَا التَّلاَمِيْذُ؟
التَّلاَمِيْذُ   : الْحَمْدُ للهِ نَحْنُ بِخَيْرٍ يَا الْأُسْتَاذَةُ.
الْأُسْتَاذَةُ  : أُرِيْدُ أَنْ أَعْرِفَ نَشَاطَاتِكُمْ الْيَوْمِيَّةَ أَيُّهَا التَّلاَمِيْذُ. أَنْتَ يَا سُلَيْمَانُ، مَتَى تَسْتَيْقِظُ مِنَ النَّوْمِ؟
سُلَيْمَانُ   : أَسْتَيْقِظُ مِنَ النَّوْمِ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ صَبَاحًا.
الْأُسْتَاذَةُ  : جَيِّدٌ، الْإِسْتِيْقَاظُ قَبْلَ الْفَجْرِ لَهُ فَضِيْلَةٌ عَظِيْمَةٌ. وَ أَنْتِ يَا سَلَامَةُ مَتَى تُصَلِّيْنَ الصُّبْحَ.
سَلَامَةُ     : أُصَلِّى الصُّبْحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ وَ النِّصْفِ.
الْأُسْتَاذَةُ  : أَحْسَنْتِ. وَ أَنْتِ يَا إِينْتَانُ، مَاذَا تَعْمَلِيْنَ بَعْدَ أَنْ تَسْتَيْقِظِيْنَ  مِنَ النَّوْمِ؟
إينتان     : بَعْدَ أَنْ أَسْتَيْقِظَ مِنَ النَّوْمِ، أَنَا أُصَلِّى الصُّبْحَ ثُمَّ أَقْرَأُ الْقُرْأنَ حَتَّى السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ. ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ وَالنِّصْفِ. وَصَلْتُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ تَمَامًا. ثُمَّ أَدْخُلُ الْفَصْلَ وَ أَقْرَأُ الْكِتَابَ حَتَّى السَّاعَةِ السَّابِعَةِ وَالنِّصْفِ.
الْأُسْتَاذَةُ  : وَ الْأنَ أَنْتَ يَا زَيْدٌ، فِي أَيِّ سَاعَةٍ تَرْجِعُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ؟
زَيْدٌ       : أَرْجِعُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ تَمَامًا.
الْأُسْتَاذَةُ : الْأنَ أَنْتَ يَا طَانِي، كَمْ سَاعَةً تَدْرُسُ كُلُّ يَوْمٍ؟
طَانِي     : أَدْرُسُ كُلُّ يَوْمٍ سَاعَتَيْنِ، مِنَ السَّاعَةِ السَّابِعَةِ وَالنِّصْفِ إِلَى السَّاعَةِ التَّاسِعَةِ وَالنِّصْفِ.
الْأُسْتَاذَةُ : مَتَى تَذْهَبُ إِلَى النَّوْمِ؟
طَانِي : أَذْهَبُ إِلَى النَّوْمِ فِي السَّاعَةِ العَاشِرَةِ لَيْلاً. 

KOSAKATA ( مُفْرَدَات )
التَّلاَمِيْذُ : murid-murid
تَمَامًا : sempurna
أَقْرَأُ : (aku membaca)
تَسْتَيْقِظُ : (kamu) bangun
لَيْلاً : malam hari
الْأنَ : sekarang
السَّاعَةُ : jam
تُصَلِّيْنَ : (kamu perempuan) sholat
فَضِيْلَةٌ : keutamaan
الْفَجْرُ : waktu fajar
النِّصْفُ : setengah
عَظِيْمَةٌ : (yang) besar

وَصَلَ : sampai
نَشَاطَاتِ : aktivitas-aktivitas

أَدْخُلُ : (aku) masuk
الْيَوْمِيَّةُ : sehari-hari

E.       Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    : Saintifik (scientific method)
2.      Metode           :    سَمْعِيَّة شَفَوِيَّة، مَدْخَال إتِّصَالِى، تَعْبِيْرُ مِنَ الصُّوَارِ
3.      Teknik            : Ceramah, tanya jawab, pembagian kelompok, permainan pohon waktu.

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
·         Gambar jam dinding
·         Papan tulis
2.      Alat
·         Satu buah jam dinding berbentuk lingkaran
·         Kertas karton
·         Kertas manila
·         Spidol
·         Isolasi kertas
·         Gunting
3.      Sumber Pelajaran :
Buku LKS Al-Fattah Bahasa Arab Kelas VIII Semester Ganjil Halaman 3-10 dan Internet

G.      Langkah-Langkah Pembelajaran
a.         Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru memulai pembelajaran denga membaca do’a.
3.      Guru menanyakan kabar dan keadaan siswa.
4.      Guru menertibkan kelas.
5.      Guru mengabsen kehadiran siswa.
6.      Guru menanyakan materi sebelumnya.
7.      Guru menyampaikan sedikit ulasan tentang materi yang akan dipelajari.

b.         Kegiatan Inti
·         Mengamati
1.      Guru membacakan khiwar tentang materi الساعة.
2.      Guru memberikan kosakata baru dan peserta didik diminta untuk mengamatinya.
3.      Siswa memperhatikan dengan seksama hiwar yang akan dibacakan oleh guru.
4.      Guru menjelaskan hiwar yang telah dibacakan.
5.      Siswa memperhatikan penjelasan guru.
·         Menanya
 1.      Siswa menanyakan kosakata atau kalimat yang tidak dipahami.
 2.   Siswa mencoba atau melakukan tanya jawab sesuai dengan ungkapan pertanyaan   dan jawaban yang diprogramkan, berdasarkan stimulus yang diberikan guru.
·         Mengeksplorasi
 1. Guru meminta peserta didik melafalkan lambang jam berbentuk pohon yang   ditempelkan di papan tulis dengan bahasa Arab secara tepat.
·         Mengasosiasi
  1.      Guru membagi peserta didik ke dalam dua kelompok.
  2.      Guru meminta perwakilan dari setiap  kelompok untuk maju ke depan.
  3.     Guru memberi beberapa gambar (lambang jam) pada salah seorang dari setiap             kelompok dan dua siswa lainnya diminta untuk menebak gambar yang akan               ditunjukkan oleh teman kelompoknya.
·         Mengkomunikasi
 1.  Dua siswa lainnya diminta untuk menebak gambar yang akan ditunjukkan oleh teman kelompoknya dengan melafalkan bunyi dari lambang jam tersebut menggunakan bahasa Arab secara baik dan benar disertai dengan menyusun kalimat dari gambar tersebut. Kelompok yang paling cepat menebak dan tebakan serta susunan kalimat tersebut benar adalah pemenangnya.

c.       Kegiatan penutup
1.      Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan memberi kesimpulan pada siswa tentang topik الساعة.
2.      Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan tentang topik الساعة.
3.      Guru memberi tugas untuk dikerjakan di rumah terkait topik الساعة.
4.      Guru menutup pembelajaran dengan membaca hamdalah, doa, dan memberi salam.

H.      Penilaian
1.      Jenis atau Teknik Penilaian    : Tes tulis
2.      Bentuk instrumen                   : Uraian


CONTOH SOAL

·       مَتَى تُصَلِّى سَلاَمَةُ صَلاَةُ الصُّبْحِ؟
·       مَاذَا تَعْمَلُ إِينْتَانُ بَعْدَ أَنْ تَسْتَيْقِظَ مِنَ النَّوْمِ؟
·       فِيْ أَيِّ سَاعَةٍ وَصَلَتْ إِينْتَانُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ؟
·       فِيْ أَيِّ سَاعَةٍ رَجَعَ زَيْدٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ؟ 
·       كَمْ سَاعَةً يَدْرُسُ طَانِى كُلُّ يَوْمٍ؟
·       فِيْ أَيِّ سَاعَةٍ يَسْتَيْقِظُ سُلَيْمَانُ مِنَ النَّوْمِ؟
·       فِيْ أَيِّ سَاعَةٍ ذَهَبَتْ إِينْتَانُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ؟
·       فِيْ أَيِّ سَاعَةٍ يَدءرُسُ طَانِى كُلَّ يَوْمٍ؟
·       مَتَى تَذْهَبُ طَانِى إِلَى النَّوْمِ؟
·       فِي أيِّ سَاعَةٍ يَدْرُسُ طَانِي كُلَّ يَوْمٍ؟
 KUNCI JAWABAN

·         تُصَلِّى سَلاَمَةُ صَلاَةَ الصُّبْحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ وَ النِّصْفِ.
·         بَعْدَ أَنْ أَسْتَيْقِظَ مِنَ النَّوْمِ، تُصَلِّى إِينْتَانُ الصُّبْحَ ثُمَّ أَقْرَأُ الْقُرْأنَ
·         وَصَلْتْ إِينْتَانُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ تَمَامًا
·         رَجَعَ زَيْدٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ تَمَامًا.
·         يَدْرُسُ طَانِى كُلُّ يَوْمٍ سَاعَتَيْنِ
·         يَسْتَيْقِظُ سُلَيْمَانُ مِنَ النَّوْمِ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ صَبَاحًا
·         ذَهَبَتْ إِينْتَانُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ وَالنِّصْفِ
·         أَذْهَبُ إِلَى النَّوْمِ فِي السَّاعَةِ العَاشِرَةِ لَيْلاً.
·         يَدْرُسُ طَانِي كُلَّ يَوْمٍ فِى السَّاعَةِ السَّابِعَةِ وَالنِّصْفِ إِلَى السَّاعَةِ التَّاسِعَةِ وَالنِّصْفِ

3.      Pedoman Penskoran
Skor 10 jika jawaban sesuai dengan kunci jawaban
Skor 5 jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban.
Skor 2 jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban
Skor 1 jika jawaban tidak tepat atau tidak menjawab.
Menjawab pertanyaan guru dengan melafalkan simbol jam yang diberikan menggunakan bahasa Arab dengan baik dan benar dan memberi contoh lain dengan menyusun kalimat secara tepat.

No.
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Ketepatan melafalkan simbol jam dengan bahasa Arab
1-4
a.
b.
c.
d.
Sesuai dengan tepat
Cukup sesuai dan cukup tepat
Kurang sesuai dan kurang tepat
Tidak sesuai dan tidak tepat
4
3
2
1
2.
Menyusun kalimat
1-4
a.
b.
c.
d.
Tepat
Cukup tepat
Kurang tepat
Tidak tepat
4
3
2
1

PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
No.
Aspek yang dinilai
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
Skor
1.
Antusiasme dalam belajar





2.
Bertanggung jawab atau peduli





3.
Percaya diri





4.
Menghargai orang lain





5.
Santun






Rentang nilai skor sikap
1.      Selalu                   : 76-100
2.      Sering                   : 51-75
3.      Kadang-kadang   : 26-50
4.      Tidak pernah        : 0-25


Pekalongan, 2 November 2018


                             Tsuwaibatul Aslamiyah
                                      2022116128            




Tidak ada komentar:

Posting Komentar